Minggu, 15 Mei 2016

Contoh cara membuat Kartu Hasil Studi (KHS) menggunakan Mail Merge



Pada postingan sebelumnya kita telah membuat daftar nilai,nah pada kesempatan kali ini kita akan menggunakannya untuk membuat KHS di M.S Office menggunakan Mail Merge.
Pertama,kita buat dulu format KHS-nya seperti contoh berikut :
Bagian NPM,Nama,Nilai dan pernyataan di bawah tabel kita biarkan kosong karena kita akan mengisinya secara otomatis menggunakan Mail Merge.Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut :
klik pada menu Mailings,kemudian pilih Start Mail Merge dan pilih step by step Mail Merge Wizard.Maka akan muncul panel tambahan di bagian kanan.

klik pilihan letter,kemudian klik next dibawahnya

Pada Step ke-2 pilih use the current document kemudian next lagi.
pada Step ke-3 klik Browse,lalu pilih document yang berisi daftar nilai yang telah kita buat pada postingan sebelumnya.lalu akan muncul jendela select table,piih nama sheet yang berisi daftar nilai.klik ok

kemudian akan muncul jendela Mail Merge Recipients.Pastikan semua nama yang mau di pakai telah tercentang.setelah itu klik ok.jangan lupa untuk mengingat field-fieldnya,atau lebih baik dicatat di sebuah kertas.


untuk menggabungkan daftar nilai tadi ke dalam KHS,letakkan kursor dimana kita ingin menepatkannya,kemudian klik menu Mailings,klik insert Merge Fields dan pilih sesuai field yang sesuai.



  
untuk menampilkan hasilnya,klik Preview Result.gunakan tombol panah ke kiri dan ke kanan untuk berpindah antar nama.
 

Untuk melihat hasilnya dapat dilihat di sini
Semoga Bermanfaat................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar